Saturday, August 13, 2011

Tokoh-tokoh dalam TAMU-TAMU DI BULAN SUCI (Bagian ke-1).


Melengkapi tulisan dr. Wahab Syahroni, saya kutipkan tokoh-tokoh dimaksud yang saya peroleh dari berbagai sumber yang ditampilkan secara alphabetis.

Antoine-Laurent de Lavoisier
(26 Agustus 1743 - 8 Mei 1794);
Berjuluk  "bapak kimia modern", bangsawan Perancis yang menonjol dalam sejarah kimia dan biologi. Dia penemu gas yang kemudian diberi nama oksigen (1778) dan hidrogen (1783), membantu membangun sistem metrik, menyusun daftar elemen ekstensif pertama, dan membantu reformasi tata nama kimia. Dia juga yang pertama menetapkan elemen senyawa belerang  (1777). Dia juga yang membuat pernyataan bahwa, meskipun materi dapat mengubah bentuk, massanya selalu tetap sama.

Dia adalah seorang administrator dari "Ferme Générale" dan anggota
berpengaruh dari sejumlah dewan aristokrat lain.


Dengan semua kegiatan politik dan ekonominya memungkinkan dia untuk mendanai penelitian ilmiahnya sendiri.

Pada puncak Revolusi Prancis, ia dituduh oleh Jean-Paul Marat sebagai penjual madat, dan beberapa kejahatan-kejahatan lainnya, sehingga hidupnya berakhir di bawah pisau guilletin.


Aristoteles (Yunani: ριστοτέλης)

(384 SM - 322 SM)
adalah seorang filsuf Yunani, seorang murid Plato dan guru dari Alexander Agung.

Tulisan-tulisannya mencakup disiplin ilmu,fisika, metafisika, puisi, teater, musik, logika, retorika, linguistik, politik, pemerintahan, etika, biologi, dan zoologi.

Bersama dengan Plato dan Socrates (guru Plato), Aristoteles adalah salah satu tokoh pendiri paling penting dalam filsafat Barat. Tulisan Aristoteles menjadi  tulisan pertama yang memungkinkan terciptanya sistem filsafat Barat yang komprehensif, meliputi moralitas dan estetika, logika dan ilmu pengetahuan, serta politik dan metafisika.

Pandangan Aristoteles tentang ilmu-ilmu fisik
a member sumbangan besar  pada abad pertengahan, dan pengaruh ini diperpanjang sampai ke masa Renaisans, meskipun pada akhirnya digantikan oleh fisika Newton.

Pada ilmu zoologi, beberapa pengamatan diteguhkan secara akurat. Karya-karyanya berisi studi awal secara formal dikenal logika, yang dikukuhkan pada akhir abad 19 ke dalam logika formal modern.

Di dalam metafisika, Aristotelianisme memiliki pengaruh besar pada pemikiran filosofis dan teologis dalam tradisi Islam dan Yahudi di Abad Pertengahan, dan terus mempengaruhi teologi Kristen, khususnya tradisi skolastik Gereja Katolik.

Semua aspek filsafat Aristoteles terus menjadi objek studi akademis aktif hari ini. Meskipun Aristoteles banyak menulis risalah elegan dan dialog (Cicero menggambarkan gaya sastra sebagai "sungai emas"), sayangnya bahwa mayoritas tulisan-tulisannya sekarang diperkirakan hilang dan hanya sekitar sepertiga dari karya asli saja yang masih bertahan.


Syaikh Dr Aaidh bin Abdullah al-Qarni (juga dieja sebagai al-Qarnee), lahir pada tahun 1960, adalah sarjana, penulis, dan salah seorang dari sedikit aktivis Islam berkebangsaan Saudi.

Al-Qarni dikenal sebagai salah satu motivator terbaik, dalam dunia Islam, bukunya Jangan Bersedih (La Tahzan), yang ditujukan untuk kaum Muslim dan non-Muslim.

Buku lain yang sejenis adalah Berhenti Khawatir oleh Sheikh Muhammad al_Ghazali.



Sir Muhammad Iqbal (Urdu: محمد اقبال)
(November 9, 1877 - April 21, 1938)

Adalah seorang penyair dan filsuf Muslim lahir di Sialkot, India (sekarang menjadi Pakistan), puisi-puisinya dalam bahasa Urdu dan Persia dianggap dianggap sebagai yang terbesar di era modern ini.

Dia sering disebut sebagai Allama Iqbal (علامہ اقبال, Allamah yang bersinar).

Setelah belajar di Inggris dan Jerman, Iqbal mendirikan praktek hukum, tetapi berkonsentrasi terutama pada menulis karya ilmiah tentang politik, ekonomi, sejarah, filsafat dan agama.

Ia lebih dikenal untuk karya puisinya, termasuk Asrar-e-Khudi-yang membawa gelar kebangsawanan-Rumuz-e-Bekhudi, dan Bang-e-Dara, dengan lagu patriotik yang abadi Tarana-e-Hind.

Di  Afghanistan dan Iran, di mana ia dikenal sebagai e-Iqbal Lahore (اقبال لاهوری Iqbal Lahore), dia sangat dihargai untuk karya berbahasa Persia-nya.

Iqbal adalah pendukung kuat kebangkitan politik dan spiritual peradaban Islam di seluruh dunia, namun secara khusus di India; serangkaian kuliah
yang ia kirimkan  diterbitkan sebagai Rekonstruksi Pemikiran Agama dalam Islam.

Beliau adalah salah satu pemimpin yang paling menonjol dari Liga Muslim seluruh India, Iqbal mendorong pembentukan sebuah "negara di barat laut India untuk Muslim India" pada tahun 1930 sebagai pidato kepresidenannya.

Iqbal didorong dan bekerja sama dengan Muhammad Ali Jinnah (Bapak Pendiri Pakistan), dan dia dikenal sebagai Muffakir-e-Pakistan ("The Thinker of Pakistan"), Shair-e-Mashriq ("Si Penyair dari Timur"), dan Hakeem-ul-Ummat ("Si Bijak dari umat").

Ia secara resmi diakui sebagai "penyair nasional" di Pakistan. Ulang tahun kelahirannya (یوم ولادت محمد اقبال - yom-e-e Welādat Muhammad Iqbal) pada tanggal 9 November adalah hari libur di Pakistan.

Albert Einstein
(14 Maret 1879 - 18 April 1955)

Beliau seorang fisikawan teoritis kelahiran Jerman yang mengembangkan teori relativitas umum, yang kemudian terbukti sangat berpengaruh dalam revolusi dalam fisika.

Untuk prestasi ini, Einstein sering dianggap sebagai bapak fisika modern dan salah satu intelektual paling produktif dalam sejarah manusia.

Ia menerima Penghargaan Nobel dalam Fisika "untuk sumbangannya pada teori fisika, dan khususnya untuk penemuan hukum efek fotolistrik pada tahun 1912.

Yang terakhir ini penting dalam membangun teori fisika kuantum .

Pada awal karirnya, Einstein berpikir bahwa mekanika Newton tidak lagi cukup untuk mendamaikan hukum mekanika klasik dengan hukum medan elektromagnetik. Hal ini menyebabkan perkembangan teori khusus relativitas-nya.

Dia menyadari bahwa bagaimanapun, prinsip relativitas juga dapat diperluas untuk bidang gravitasi, dan dengan teori berikutnya tentang gravitasi pada tahun 1916, ia menerbitkan sebuah makalah tentang teori relativitas umum.

Dia terus menangani masalah mekanika statistik dan teori kuantum, yang menyebabkan penjelasan nya teori partikel dan gerakan molekul.

Dia juga meneliti sifat termal cahaya yang meletakkan dasar teori foton cahaya. Pada tahun 1917, Einstein menerapkan teori relativitas umum untuk model struktur alam semesta secara keseluruhan .

Ia mengunjungi Amerika Serikat ketika Adolf Hitler berkuasa pada tahun 1933, dan tidak kembali ke Jerman, tempat ia menjadi profesor di Berlin Academy of Sciences.

Dia menetap di Amerika Serikat, menjadi warga pada tahun 1940.

Pada malam Perang Dunia II, ia membantu mengingatkan Presiden Franklin D. Roosevelt bahwa Jerman mungkin mengembangkan senjata atom, dan merekomendasikan bahwa Amerika Serikat agar mulai melakukan penelitian serupa, hal ini akhirnya menyebabkan apa yang akan menjadi Proyek Manhattan.

Einstein mendukung pasukan Sekutu, tetapi di sisi lain ia sangat mengecam menggunakan penemuan baru dari fisi nuklir sebagai senjata.

Kemudian, bersama-sama dengan Bertrand Russell, Einstein menandatangani Manifesto Russell-Einstein, yang menyoroti bahaya senjata nuklir.

Einstein mengajar fisika di Institute for Advanced Study di Princeton, New Jersey, sampai akhir hayatnya pada tahun 1955.

Einstein menerbitkan lebih dari 300 makalah ilmiah bersama dengan lebih dari 150 karya non-ilmiah.

Kecerdasan yang luar biasa dan orisinal telah membuat kata "Einstein" identik dengan jenius.

Flavius Heraklius Augustus (bahasa Yunani: Φλάβιος ράκλειος; atau Herakleios; c. 575 - 11 Februari 641) adalah kaisar Byzantium. Pada masa kekuasaannya, ia melancarkan beberapa serangan. Heraklius menyerbu Sassaniyah (adalah nama bagi dinasti bangsa Iran yang ketiga dan kekaisaran Persia yang kedua) namun mengalami kegagalan. Ia membangun kembali pasukannya, dan berhasil mengalahkan tentara Sassaniyah di Niniwe. Setelah kemenangannya, meningkatnya pengaruh Islam menjadi ancaman bagi Bizantium. Tentara Islam berhasil mengalahkan tentara Sassaniyah, lalu mereka menyerbu Suriah. Heraklius mengalami kekalahan di Suriah. Dalam masa pemerintahannya Heraklius kehilangan provinsi Syam dan Mesir yang ditaklukan oleh pasukan  Khulafaur Rasyidin.

Pada jamannya Rasulullah Muhammad SAW telah berkirim surat padanya, adapun isi suratnya adalah sebagai berikut :

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. 
Dari Muhammad utusan Allah untuk Heraclius Kaisar Romawi yang agung.

Salam bagi siapa yang mengikuti petunjuk.

Selain dari pada itu, sesungguhnya aku mengajak kamu untuk memeluk Islam. Masuklah kamu ke agama Islam maka kamu akan selamat dan peluklah agama Islam maka Allah memberikan pahala bagimu dua kali dan jika kamu berpaling maka kamu akan menanggung dosa orang orang Romawi.

"Katakanlah: Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatu pun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: "Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)".
<QS Al-Imron (3) 64>

Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali 
ath-Thusi asy-Syafi'i 

(lahir di Thus;  1058/ 450 H – meninggal di Thus; 1111 / 14 Jumadil Akhir 505 H; umur 52–53 tahun) adalah seorang filosof dan teolog muslim Persia, yang dikenal sebagai Algazel di dunia Barat abad Pertengahan.

Ia dipanggil Abu Hamid karena salah seorang anaknya bernama Hamid.
Gelar beliau al-Ghazali ath-Thusi berkaitan dengan ayahnya yang bekerja sebagai pemintal bulu kambing dan tempat kelahirannya yaitu Ghazalah di Bandar Thus, Khurasan, Persia (Iran).

Sedangkan gelar asy-Syafi'i menunjukkan bahwa beliau bermazhab Syafi'i. Ia berasal dari keluarga yang miskin. Ayahnya mempunyai cita-cita yang tinggi yaitu ingin anaknya menjadi orang alim dan saleh.

Imam Al-Ghazali adalah seorang ulama, ahli pikir, ahli filsafat Islam yang terkemuka yang banyak memberi sumbangan bagi perkembangan kemajuan manusia.

Ia pernah memegang jabatan sebagai Naib Kanselor di Madrasah Nizhamiyah, pusat pengajian tinggi di Baghdad. 

Imam Al-Ghazali meninggal dunia pada 14 Jumadil Akhir tahun 505 Hijriah bersamaan dengan tahun 1111 Masehi di Thus. Jenazahnya dikebumikan di tempat kelahirannya.





No comments:

Post a Comment