Monday, July 25, 2016

6 # Namanya Nesia, bukan Thessalonika.

# Namanya Nesia, bukan Thessalonika.
Sepotong kisah kelahiran puteri pertama saya yang lahir ketika saya mendapat penugasan ke sebuah pabrik di Yunani dim kota Thessalonika.

Oh, only a free soul will never grow old”_J.P. Richter
Oh, hanya jiwa yang bebas yang tidak pernah menjadi tua.


2000, Tahun Naga-Emas.
22 Mei 2000

Dalam tatanan zodiac Tiongkok, shio Naga menempati urutan ke-lima, ia melambangkan semangat zodiac  yang  bebas. Sifat dari orang yang terlahir pada tahun Naga seringkali bersifat kreatif, inovatif, berani, percaya-diri tinggi, bersemangat dan temperamental.

Orang yang lahir di bawah zodiac ini dipersonifikasikan sebagai mahluk yang energik, cantik dan tampil penuh percaya-diri dan tanpa mengenal rasa takut dalam menghadapi tantangan. Pada umumnya mereka memiliki keunikan tersendiri, dalam kamus pribadi kaum Naga tidak dikenal penyesuaian diri, peraturan hanya dibuat untuk orang lain begitu menurut pandangan mereka. Namun demikian, kepribadian murah-hati mereka seringkali menjadikan kemampuan tersendiri untuk menarik banyak teman, meskipun demikian keangkuhan mereka menyebabkan  ketidak mampuan untuk membuat ikatan yang dekat dengan orang lain.

Bagi mereka yang lahir tahun 1940 dan 2000, mereka disebut Naga Emas, Naga-Logam mempunyai sifat kuat, jujur dan berani. Kesuksesan Naga-Logam diperoleh melalui kebulatan niat. Mereka mampu menenangkan orang lain melalui kepribadiannya yang kuat. Naga-Logam suka bertindak dan memimpin, juga cenderung membuat orang lain ingin mengikutinya. Mereka tidak suka berkompromi pada saat-saat diperlukan.

Selain Shio Naga-Logam, berdasarkan teori Lima Unsur, ada Naga-Air, Naga-Kayu, Naga-Api dan Naga-Tanah.

Saya meninggalkan isteri saya yang sedang hamil-tua, karena pada waktu itu mendapat assignment untuk mengikuti suatu program pelatihan senior-manager di Eropa. Pelatihan itu sendiri diselenggarakan di beberapa kota di dua Negara.

Saya dan isteri sudah menyiapkan dan menyepakati sebuah nama depan untuk anak perempuan yang menurut kami unik dan enak di dengar. Sekalipun kami berjauhan, tetapi komunikasi tetap berlangsung intens sekalipun memberi dampak ekonomi yang cukup signifikan. Tapi saat itu memantau perkembangan kehamilan isteri menjadi prioritas utama.

Pada hari H seperti yang dijadwalkan, saya berada di kota Thessalonika, sebuah kota menghadap Laut Aegea yang indah dengan White-Tower yang terkenal. Ketika saya mendapat kabar kelahiran puteri kami pada hari Senin, tanggal 22 Mei 2000; jam 10:20 wib, jenis kelamin perempuan, cara persalinan E.F, berat 2.750 gram, panjang 49 cm dan lingkar kepala 32 cm; semua normal dan sempurna. (*catatan: Waktu Yunani: -4 jam; cara persalinan EF, artinya persalinan dibantu Forsep, alat bantu persalinan yang terbuat dari logam menyerupai sendok, karena isteri saya mengalami kesulitan mengejan dan mempunyai riwayat asma).

“ Terima kasih Tuhan, segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Asyik karena Engkau telah mengabulkan permohonan kami, seorang anak perempuan seperti yang kami dambakan pada-Mu selama ini .“

Tetapi kemudian saya merasa ada sesuatu yang tidak pas; Thessalonika tidak cocok dengan nama depan anak saya sekalipun pada awalnya terdengar bagus; mengapa saya merasa tidak matching? mungkin saya perlu jelaskan sedikit tentang kota ini.

Kota ini terletak di sebelah Utara Yunani (Greece), jumlah penduduknya hanya 364 ribuan saja (pada waktu itu), kota ini didirikan sekitar tahun 315 SM oleh raja Cassander dari Makedonia, dekat lokasi kota tua Therma dan 26 desa-desa kecil sekelilingnya. Kota ini diberi nama menurut nama isterinya, Thessalonike, saudara tiri Alexander the Great dan puteri raja Makedonia, anak perempuan Filipus II dari Makedonia. Pada jaman kekaisaran Romawi, Thessalonika menjadi pusat penyebaran agama Kristen. Surat 1 Tessalonika merupakan kitab pertama yang ditulis oleh Paulus dalam perjanjian Baru di Alkitab Kristen. Paulus juga menulis Surat 2 Tessalonika.

Oleh sebab itu saya cepat-cepat menelepon isteri saya yang masih berada di Rumah Sakit pasca-melahirkan dengan satu pesan penting dan khusus: “ Namai dia Luqyana Nesia, bukan Luqyana Thessalonika !.

Nama Luqyana Nesia itulah yang kini tertera di atas Surat Akta Kelahiran anak perempuan kami.

“ Ya Allah, tunjukanlah aku pada akhlak yang paling baik, karena sesungguhnya tidak ada yang bisa menunjukkan kepadanya kecuali Engkau. Dan jauhkanlah aku dari keburiukan akhlak; karena sesungguhnya tidak ada yang bisa menjauhkan melainkan Engkau “.
 “ Ya Allah, ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami isteri-isteri dan keturunan-keturunan yang sedap dipandang mata dan jadikanlah kami sebagai pemimpin orang-orang yang bertaqwa”.

No comments:

Post a Comment