Saturday, July 30, 2016

Nasihat dokter Wahab Syahroni tentang Vertigo.

Menanggapi keluhan Vertigo yang dialami Bidan Yayah Sobariah.



Sakit kepala, pada dasarnya bisa karena berkurangnya aliran darah ke otak; adapun penyebab-nya bisa macam-macam, semisal hypotensi, hypertensi, dyspepsia, trauma atau benturan kepala, psikis, sakit gigi, sakit mata, gangguan ketajaman penglihatan, awal indikasi adanya tumor pada otak dan lain-lain.

Mekanisme atau pathofisiology bisa dijelaskan satu-persatu, tapi karena terlalu panjang, in syaa Allah akan diuraikan di rubrik ini pada lain kesempatan.

Namun gangguan organ keseimbangan dengan gejala merasa berputar dan seperti mau jatuh, harus dibedakan dengan Cephalgia (gangguan aliran darah ke otak), biasanya ditandai dengan gejala sakit kepala (headache); hal ini penting harus dibedakan dahulu, karena obat-nya berbeda.

Cara membedakannya sebenarnya mudah, dengan cara: Berdiri tegak, lalu tutup kedua mata, angkat pelan-pelan satu kaki (harus ada pendamping, jangan lakukan sendiri !)_bila mau terjatuh, maka kemungkinan besar adalah Vertigo; bila tetap bisa berdiri tegak, kemungkinan sakit kepala yang penyebab-nya diuraikan di atas.

Apabila sakit kepala terjadi sebagai akibat berkurangnya aliran darah ke otak, tips sederhana ini bisa dicoba: Minum teh manis pakai gula aren, hangat atau setengah cangkir kopi, bila mereda, maka bisa dibilang Ischemia cerebri atau cerebral ischemia.

Pesan saya  hati-hati bila ke UGD kemudian diperiksa dokter muda yang masih minim pengalaman atau dokter-nya malas melakukan pemeriksaan medik-klasik, yang mau-nya langsung check-lab tanpa melakukan prosedur baku terlebih dahulu.

Kamus Mini Kedokteran: 

hypotensi: tekanan darah rendah
hypertensi: tekanan darah tinggi\
dispepsia:  adalah sekumpulan gejala berupa nyeri, perasaan tidak enak pada perut bagian atas yang menetap atau berulang disertai dengan gejala lainnya seperti rasa penuh saat makan, cepat kenyang, kembung, bersendawa, nafsu makan menurun, mual, muntah dan dada terasa panas yang berlangsung sejak 3 bulan terakhir.
psikis: bersifat non fisik, lebih ke emosi atau perasaan, semisal nagih utang, bukannya di bayar malah kita yang nagih dimarahi...);
cephalgia: adalah suatu kondisi terdapatnya rasa sakit di dalam kepala; kadang sakit di belakang leher atau punggung bagian atas yang sering sekali disebut sakit kepala saja.

Tentang Vertigo sendiri selengkapnya bisa di lihat di https://id.m.wikipedia.org/wiki/Vertigo

No comments:

Post a Comment